header-int

Sejarah Singkat

Posted by : Administrator
Share

STIE DR. KH. EZ. MUTTAQIEN PURWAKARTA

Keberadaan STIE DR. KHEZ. Muttaqien berawal dari suatu keinginan untuk turut serta dalam pengembangan Sumber Daya Manusia bagi masyarakat di Kabupaten dan sekitarnya, peran Perguruan Tinggi sebagai Human Resources development Agent dewasa ini semakin penting seiring dengan semakin terbukanya perekonomian global dan arah pembangunan ekonomi Indonesia yang berbasis industri manufaktur disisi lain otonomi daerah mendorong sumber daya lokal menjadi lebih strategis dan dampak perubahan itu sangat di rasakan di Kabupaten Purwakarta yang tumbuh sebagai daerah industri yang menyerap investasi dalam dan luar negeri termasuk perusahaan multi nasional (MNC). Ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan ber daya saing menjadi permasalahan dan tantangan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya untuk dapat berperan dalam arus perkembangan dunia yang semakin pesat.

Keinginan untuk berperan dalam membina sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing yang juga harus dibekali dengan akhlak yang baik yang siap untuk mengisi pembangunan di Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya mendorong tokoh-tokoh pendidikan di Kabupaten Purwakarta untuk mendirikan sekolah tinggi berbasis kemampuan dan keterampilan ekonomi. Keinginan tersebut kemudian direalisasikan oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) DR. KHEZ. Muttaqien yang telah memiliki Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KHEZ. Muttaqien untuk membuka jurusan Ekonomi Islam (Mu’amalah).

Ditengah perkembangannya, seiring dengan dinamika ide dan gagasan yang diusung oleh dosen-dosen STAI DR. KHEZ. Muttaqien YPI DR. KHEZ. Muttaqien (d.h.i. Bapak Drs. Anang Abdul Razak, MPd., Drs. M. Irham Musafir dan H. Muttaqien Kirman, Lc) dengan difasilitasi oleh Drs. H. Suherman Saleh, Ak., MSc tokoh masyarakat Purwakarta yang peduli dengan pendidikan di Kabupaten Purwakarta, ide-ide tersebut di kristalisasi dengan program-program studi banding pada Perguruan Tinggi-Perguruan Tinggi Islam yang sudah membuka program tersebut. Dalam perkembangannya ide tersebut berkembang menjadi keinginan untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dengan pertimbangan, bahwa mendidik seorang calon sarjana yang mengerti tentang ekonomi namun bergelar S.Ag. (Sarjana Agama) dirasakan serba ‘canggung’ dan apakah tidak sebaiknya mendidik calon Sarjana Ekonomi (SE), dengan muatan khusus sebagai Sarjana Ekonomi yang kental dengan nuansa dan pengertiannya tentang Islam, sekaligus dalam pengamalannya, sebagai bekal bersaing dalam dunia kerja.

Kebulatan tekad tersebut diwujudkan dengan langkah nyata, pada tanggal 30 April 2000 dicanangkanlah kebulatan tekad tersebut secara resmi dan di ditindaklanjuti dengan mempersiapkan Panitia Tim Pendiri STIE DR. KHEZ. Muttaqien melalui SK YPI DR. KHEZ. Muttaqien No. 67/YPI/SK/2000 tertanggal 1 Mei 2000, dan sejak dibentuknya Panitia Tim Pendiri STIE DR. KHEZ Muttaqien, dimulailah suatu kerja keras, untuk mewujudkan keinginan dan ide tersebut menjadi kenyataan. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pendirian tersebut, mulai dari Proposal Pendirian, Studi Kelayakan, Statuta, sampai kepada Kurikulum dan Sillabus, bahkan rekrutmen dosen-dosen yang siap mewakafkan waktu dan tenaganya untuk mewujudkan keinginan dan ide tersebut.

Kerja keras itu kemudian terwujud dengan pengakuan dan ijin pendirian STIE DR. KHEZ. Muttaqien dan ijin operasional Program Studi Akuntansi jenjang Strata satu (S-1) dan Program Studi Manajemen jenjang strata satu (S-1) oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor : 200/D/O/2001 tanggal 26 September 2001. Hambatan dan tantangan sumber daya baik dana masupun Sumber Daya Manusia menjadikan STIE DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta yang pada Tahun Akademik pertama (2001-2002) hanya menerima mahasiswa pada Program Studi Akuntansi, baru setelah itu sejak Tahun Akademik 2002-2003 seluruh Program Studi dapat menjalankan aktivitas pendidikannya.

Sejak memulai tahapan operasional pendirian pada tahun 2000 YPI DR. KHEZ. Muttaqien menunjuk Bapak Drs. H. Suherman Saleh, Ak., MSc sebagai Ketua STIE DR. KHEZ. Muttaqien yang didampingi oleh Wakil Ketua Drs. M. Irham Musafir, MH. yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan YPI DR. KHEZ. Muttaqien nomor 19/YPI-DR. KHEZ. Muttaqien/X/2001 tanggal 1 Oktober 2001, keduanya kemudian memimpin STIE DR. KHEZ. Muttaqien selama dua periode masa jabatan hingga Tahun Akademik 2008-2009.

Setelah memperoleh ijin pendirian dan operasional penyelenggaraan program studi untuk 2 (dua) tahun oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 200/D/O/2001 tanggal 26 September 2001, STIE DR. KHEZ. Muttaqien terus berbenah dan berusaha meningkatkan kualitas kelembagaan dan proses penyelenggaraan pendidikan dalam upaya menghasilkan lulusan yang berkualitas, berdaya saing dan berakhlak baik.

Sampai dengan Tahun Akademik 2010-2011 perkembangan STIE DR. KHEZ. Muttaqien menujukan trend yang positif, Dalam kurun waktu lima tahun terakhir belum ada perkembangan Program Studi dari sisi kuantitas atau masih menjalankan 2 (dua) Program Studi yaitu Program Studi Akuntansi jenjang Strata satu (S-1) dan Program Studi Manajemen jenjang strata satu (S-1), tetapi dalam sisi kualitas sudah menampakan hasil yang lebih baik dengan adanya status terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Unidha STIE DR. KHEZ MUTTAQIEN Purwakarta merupakan Perguruan Tinggi dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, serta turut serta dalam mendorong tercapainya tujuan pendidikan nasional dalam menghasilkan lulusan yang berkarakter bangsa, bermutu, memiliki keunggulan kompetitif serta akhlakul karimah, STIE DR. KHEZ Muttaqien berlandaskan pada nilai-nilai Islam dan Palsafah Pancasila serta Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
© 2018 STIE DR. KHEZ MUTTAQIEN Follow STIE DR. KHEZ MUTTAQIEN : Facebook Twitter Linked Youtube