Social Media Marketing Strategies dan Implementasinya Dalam Mempromosikan Industri Pakaian Lokal

https://doi.org/10.34308/eqien.v11i03.1004

Authors

  • Muhamad Tegar Harrindi Aji Universitas Trisakti
  • Kindern Sidabutar Faku Universitas Trisakti
  • Sri Vandayuli Riorini Universitas Trisakti

Keywords:

Social Media Marketing Strategies;, Implementasi;, Industri Pakaian Lokal

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing Strategies dan Implementasinya dalam mempromosikan industri pakaian lokal. Metode kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk menguraikan fenomena pengaruh Social Media Marketing Strategies dan Implementasinya dalam mempromosikan industri pakaian lokal, dengan pengambilan data yaitu kuesioner dengan menggunakan Google Form, lalu disebarkan melalui Social Media yaitu Instagram dan Whatsapp Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling sebanyak 191 responden yang sudah pernah menggunakan lima merek pakaian lokal yaitu Erigo, Roughneck 1991, 3Second, Maternal Disaster dan Thanksinsomnia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Social Media Marketing Activities (Interactivity, Informativeness, Personalization, Trendlines, WOM) berpengaruh positif yang signifikan terhadap Brand Awareness dan Brand Image. Brand Awareness, Brand Image, memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Brand Equity dan Consumers Purchase Intention. Brand Equity memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Consumers Purchase Intention. Industri pakaian lokal dapat memanfaatkan Social Media Marketing Activities (SMMA) untuk meningkatkan Brand Awareness, Brand Image dan Brand Equity yang pada akhirnya meningkatkan Consumers Purchase Intention.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-03

How to Cite

Harrindi Aji, M. T., Sidabutar, K., & Riorini, S. V. (2022). Social Media Marketing Strategies dan Implementasinya Dalam Mempromosikan Industri Pakaian Lokal. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 897–905. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i03.1004