VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MARKETPLACE MENGGUNAKAN METODE REGRESI LOGIT BINNER

https://doi.org/10.34308/eqien.v10i1.520

Authors

  • Rina Indrayani Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Keywords:

Pemilihan, marketplace, Antarmuka, Teknis, Konten, Privasi, Promosi.

Abstract

Salah satu cara untuk mengembangkan usaha yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi. Marketplace. Proses bisnis yang dilakukan melaui media teknologi informasi dan internet tersebut dikenal dengan sebutan e-commerce. E-commerce dapat dilakukan melalui marketplace yaitu lokasi online dimana pembeli dan penjual melakukan transaksi komersil seperti menjual barang, jasa atau informasi. Penelitian ini bertujuan menentukan kriteria dalam memilih marketplace. Penelitian ini menggunakan variabel Antarmuka (At), Teknis (Ts), Konten (Kn) dan Privasi (Ps), Promosi (Pr) dan dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi, dengan jumlah responden sebanyak 324 orang. Pengolahan data menggunakan metode logit binner. Berdasarkan hasil pengujian AntarMuka (At) mempunyai pengaruh negatif terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace. Variabel Teknis (Ts) menunjukan bahwa mempunyai pengaruh terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace. Variabel Konten (Kn) mempunyai pengaruh negatif terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace. Hasil Uji Hipotesis Pengaruh Privasi Terhadap pemilihan keputusan market place menunjukan pengaruh negatif terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace. Oleh karena itu, hipotesis keempat yang menyatakan bahwa “Privasi berpengaruh negatif terhadap pemilihan keputusan markaetplace” ditolak. Berdasarkan hasil pengujian Promosi (Pr) dapat diketahui mempunyai pengaruh terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-29

How to Cite

Indrayani, R. (2022). VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MARKETPLACE MENGGUNAKAN METODE REGRESI LOGIT BINNER. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 262–268. https://doi.org/10.34308/eqien.v10i1.520