PERAN HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERULANG PADA PRODUK SUSU BEAR BRANDDI KOTA MALANG
https://doi.org/10.34308/eqien.v9i2.407
Keywords:
harga, kualitas produk, citra merek, dan keputusan pembelian berulangAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keputusan pembelian berulang (Y) yang dilakukan oleh para konsumen, yang dipengaruhi oleh variabel harga (X1), kualitas produk (X2) dan citra merek (X3) terhadap produk susu Bear Brand di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif, dengan menetapkan masyarakat Kota Malang sebagai populasi penelitian berdasarkan fenomena yang terjadi. Berlandaskan populasi yang telah ditetapkan diambil 210 responden penelitian yang dinyatakan sebagai sampel dengan rumus Malhotra. Teknik sampling yang digunakan dalam menetapkan karakteristik sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan upaya analisa data digunakan metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan riset yang dilakukan maka didapatkan hasil bahwa keputusan pembelian berulang pada produk susu Bear Brand dipengaruhi oleh harga, kualitas produk dan citra merek secara simultan. Harga dan citra merek juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian berulang susu Bear Brand di Kota Malang secara parsial, akan tetapi variabel kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian berulang susu Bear Brand secara parsial. Semakin bersaing harga dengan kompetitor serta memiliki kesesuaian dengan kualitas yang ditawarkan dan mampu menjaga citra positif akan sebuah merek maka akan terjadinya peningkatan pembelian berulang pada produk susu Bear Brand di Kota Malang.