Model Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung

Main Article Content

Ragil Pardiyono
Hermita Dyah Puspita

Abstract

Penelitian ini bermula dari fenomena pada tahun 2020 terjadi ketimpangan antara jumlah lulusan Sekolah Menengan Atas dan Kejuruan di Indonesia dengan yang diterima perguruan tinggi negeri dengan sebanyak 2.403.489 siswa yang menjadi pasar potensial bagi perguruan tinggi swasta. Hal tersebut menjadi peluang besar untuk diperebutkan menjadi mahasiswa perguruan tinggi swasta. Maka tujuan penelitian ini akan mengidentifikasi hal-hal penting yang mendasari pemilihan perguruan tinggi swasta di Bandung Raya. Responden penelitian adalah mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kota Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan model pemasaran marketing mix product, place, price, promotion, people, process, dan physical evidence. Hasil pengolahan data menyimpulkan bahwa variabel product, place, price, promotion, people, process, dan physical evidence secara bersama-sama maupun parsial berpengaruh terhadap pemilihan perguruan tinggi swasta. Hasil penelitian bermanfaat bagi perguruan tinggi swasta dalam menghadapi persaingan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details