UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UMKM TANAHWARI GUNA PENGEMBANGAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19
https://doi.org/10.34308/eqien.v11i02.989
Keywords:
Competitiveness, Business Development, Tanahwari SMEsAbstract
Pada Era pandemic pelaku usaha harus dapat melakukan strategi bisnis yang tepat agar usaha yang telah dijalankan dapat bertahan dan tetap dapat menjadi pilihan konsumennya sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang efektif yang dapat dilakukan oleh UMKM Tanahwari untuk mengembangkan usahanya agar meningkatkan daya saingnya pada usaha pesaing yang sejenis. Tanahwari merupakan salah satu UMKM yang bergerak di industri fashion dengan keunikan motif sejarah yang ada di Pulau Bangka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara Purposive Sampling terhadap Pemilik, karyawan dan beberapa konsumen UMKM Tanahwari. Teknik Purposive Sampling diperoleh melalui proses Tanya jawab yang dilakukan Peneliti dan beberapa narasumber. Untuk mengetahui pengembangan usaha pada penelitian ini akan menggunakan variable pemasaran digital, inovasi produk dan kualitas SDM.