UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UMKM TANAHWARI GUNA PENGEMBANGAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19

https://doi.org/10.34308/eqien.v11i02.989

Authors

  • Novita Herlissha Universitas Bangka Belitung
  • Ryand Daddy Setyawan Universitas Bangka Belitung, Indonesia
  • Padlun Fauzi Universitas Bangka Belitung, Indonesia

Keywords:

Competitiveness, Business Development, Tanahwari SMEs

Abstract

Pada Era pandemic pelaku usaha harus dapat melakukan strategi bisnis yang tepat agar usaha yang telah dijalankan dapat bertahan dan tetap dapat menjadi pilihan konsumennya sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang efektif yang dapat dilakukan oleh UMKM Tanahwari untuk mengembangkan usahanya agar meningkatkan daya saingnya pada usaha pesaing yang sejenis. Tanahwari merupakan salah satu UMKM yang bergerak di industri fashion dengan keunikan motif sejarah yang ada di Pulau Bangka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara Purposive Sampling terhadap Pemilik, karyawan dan beberapa konsumen UMKM Tanahwari. Teknik Purposive Sampling diperoleh melalui proses Tanya jawab yang dilakukan Peneliti dan beberapa narasumber. Untuk mengetahui pengembangan usaha pada penelitian ini akan menggunakan variable pemasaran digital, inovasi produk dan kualitas SDM.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-05

How to Cite

Herlissha, N., Setyawan, R. D., & Fauzi, P. (2022). UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UMKM TANAHWARI GUNA PENGEMBANGAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 613 – 617. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i02.989