Karakteristik Usaha dan Jiwa Wirausaha Terhadap Kinerja Usaha pada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Keramik Plered Purwakarta

Main Article Content

Dedeng Abdul Gani Amruloh

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mendominasi pelaku usaha di Indonesia berdasarkan jumlah Usaha Mikro sebanyak 83,4% dan Usaha Kecil 15,84% (BPS RI, 2007), tetapi peran dalam perekonomian terutama dalam kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) baru yaitu 53,6%. Banyak factor diyakini berpengaruh pada kinerja Usaha Mikro dan Kecil yang belum signifikan dalam perekonomian, dan berdasarkan analisis factor dominan yang berpengaruh terhadap kinerja usaha mikro dan kecil di Negara-negara sedang berkembang adalah factor internal.


Berdasarkan fenomena tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi Karakteristik Usaha dan Jiwa Wirausaha yang dimiliki oleh pemilik dan pengelola usaha terhadap Kinerja Usaha pada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Keramik Plered Purwakarta.


Metode penelitian yang diunakan adalah deskriptif verifikatif, populasi penelitian adalah pemilik dan pengelola usaha yang termasuk dalam kelompok usaha mikro dan kecil (UMK), adapun jumlah sampel adalah 74 responden yang diambil dengan teknk simple random sampling, untuk memperoleh jawaban penelitian digunakan teknik analisis jalur (path analysis), data diperoleh dengan menggunakan kuisioner dan studi literatur.


Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik usaha dan jiwa wirausaha berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja usaha. Secara parsial masing masing variabel juga berkontribusi pada kinerja usaha. Penelitian ini hanya dilakukan pada usaha mikro dan kecil (UMK) keramik Plered Purwakarta dengan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja usaha hanya dari dalam (internal) terbatas pada dua variabel sedangkan variabel yang lain termasuk faktor yang dapat mempengaruhi kinerja usaha dari luar usaha seperti kebijakan pemerintah, kondisi perekonomian, lingkungan industri dan lainnya. Kedepan penelitian yang lebih komprehensif terhadap usaha mikro dan kecil yang lebih beragam jenis usaha dengan variabel yang lebih banyak diperlukan untuk memberikan jawaban yang lebih komprehensif dalam upaya meningkatkan kinerja usaha pada usaha mikro dan kecil (UMK).


Kata Kunci – Karakteristik Usaha, Jiwa Wirausaha, Kinerja Usaha, UMK, Keramik Plered

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details